Minggu, 21 Maret 2010

PG-SBI UNJA

Ini bukanlah suatu pilihan, tapi tuntutan. Sekolah Bertaraf Internasional adalah suatu tuntutan.Pada tahun 2010,Provinsi Jambi telah memiliki Sekolah Bertaraf Internasional untuk tingkat mahasiswa di Universitas Jambi. Tahap pertama yang ditawarkan pada mahasiswa adalah program MIPA, yang meliputi: Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Matematika.
Ketua program PG-SBI, Drs. Damris, M, M.Sc.Ph.D, menuturkan :”bahwa dari 22 Universitas yang mengajukan proposal, hanya 12 Universitas yang mendapatkan kepercayaan untuk menjalankan program ini, dan salah satunya adalah Universitas Jambi. Dengan dana kurang lebih setengah miliar dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti), UNJA dipercaya untuk membuka Pendidikan Guru Sekolah Bertaraf Internasional (PG-SBI) pada periode 2010-2013.
Mahasiswa Reguler angkatan 2007,2008, dan 2009 diberikan kemudahan untuk mengikuti program ini dengan biaya normal. Namun, untuk ikut serta di dalamnya, mahasiswa harus mengikuti tes bidang studi masing-masing dengan menggunakan Bahasa Inggris. Selain itu, mereka juga harus melampirkan IPK semester ganjil. Mahasiswa yang dinyatakan lulus, akan segera mengikuti program ini,dimulai dari semester genap minggu depan paling lambat.
Dalam kegiatan pembelajarannya, program PG-SBI diselenggarakan dalam kelas-kelas khusus yang masing-masing hanya terdiri dari 20 - 25 orang mahasiswa. Perkuliahan disampaikan dalam Bahasa Inggris secara bertahap. Untuk tahun pertama paling sedikit dua mata kuliah yang disampaikan dalam Bahasa Inggris dari jumlah mata kuliah seluruhnya pada semester tersebut. Jumlah mata kuliah yang disampaikan dalam Bahasa Inggris ini akan terus bertambah sehingga pada tahun keempat kegiatan perkuliahan PG-SBI ini akan disampaikan dalam Bahasa Inggris seutuhnya.
Selain itu PG-SBI juga memiliki 5 program yang harus dicapai, yaitu perkuliahan SBI berbasis Inggris ICT, workshop perkembangan kurikulum guru SBI, Pengembangan bahan ajar Inggris dan perangkat pembelajaran, sosialisasi program PG-SBI, Peningkatan skil ICT dan Bahasa Inggris.
Program PG-SBI mampu melahirkan para alumnus yang dapat mengaplikasikan teknologi dan komunikasi dalam proses belajar mengajar dengan baik, mampu menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan bahasa Inggris secara efektif, guna memenuhi persyaratan sebagai guru di Sekolah Berstandar Internasional.(Anike Ajzarya dan Hardiyanti)

0 komentar: