Rabu, 18 September 2013

Sepuluh Pelajar Pengguna Narkoba Direhabilitasi

Trotoar – Kota Jambi, Dalam dua tahun terakhir, narkotika sudah memakan korban sepuluh pelajar di Kota Jambi
Trotoar – Kota Jambi, Dalam dua tahun terakhir, narkotika sudah memakan korban sepuluh pelajar di Kota Jambi. Lima diantaranya positif gunakan narkoba pada tahun 2012, sisanya terjadi pada tahun ini. Sepuluh pelajar tersebut langsung direhabilitasi oleh BNN Kota Jambi. Demikian keterangan yang disampaikan oleh Latifah, S.Sos selaku Kasi Pemberdayaan Masyarakat saat ditemui dikantornya, rabu kemarin (18/9). 
"Tahun 2012, BNN menemukan lima orang pelajar positif memakai narkoba dan langsung dikirim ke Lido Bogor, dan pada tahun 2013, Kota Jambi mengirim lima orang lagi yang terindikasi memakai obat-obatan terlarang, yang mana empat diantaranya direhabalitasi di Lido, sedangkan satu orang di Badoka," terangnya.
Latifah mengatakan, untuk bisa sembuh dari ketergantungan terhadap narkoba, diperlukan pengobatan secara perlahan, mulai dari mengurangi pemakaian obat-obatan oleh pemakai yang sudah kecanduan secara pelan-pelan hingga penyembuhan secara kejiwaan.
"Kita sembuhkan secara perlahan. "Obat" tetap kita berikan, namun jumlah obatnya kita kurangi," tutur Latifah selaku Kasi Pemberdayaan Masyarakat.
Dengan berbagai metode pengobatan yang dilakukan, dari sepuluh orang yang dikirim untuk direhabilitasi, tiga orang diantaranya sudah sembuh total dan sudah berada di Kota Jambi.
"Tiga orang sudah sembuh total. Selama ini metode Assement dan detoks sangat ampuh untuk korban pemakai narkoba, apalagi yang baru mulai kecanduan,"  sambungnya.
Saat disinggung tentang rencana tes urine bagi pejabat di Kota Jambi, Latifah mengatakan bahwa BNN rutin melakukan tes urine bagi pejabat termasuk salah satunya Walikota dan wakil Walikota.
"Setiap ada walikota baru, kita rutin melakukan tes. Untuk saat ini belum bisa dilakukan, karena walikota belum dilantik," tuntasnya. (rfl)

0 komentar: