Senin, 16 September 2013

Sebulan Jelang Idul Adha, Permintaan Sapi Capai 75 Persen

Trotoar – Jambi, Kendati Hari Raya Idul Adha 2013 masih sekira satu bulan lagi, namun permintaan terhadap hewan kurban sudah cukup tinggi
  • Harga Hewan Kurban Naik 10 Persen
Trotoar – Jambi, Kendati Hari Raya Idul Adha 2013 masih sekira satu bulan lagi, namun permintaan terhadap hewan kurban sudah cukup tinggi. Untuk penjualan sapi misalnya, tercatat 75 persen diantaranya telah terjual.
Hal tersebut diakui oleh Yudi (42), penjual hewan kurban di Jl. Lintas Aurduri Rt.12 No.54 Kelurahan Penyengat Rendah Jambi. Dikatakannya, meskipun Hari Raya Idul Adha 2013 masih satu bulan lagi, penjualan sapi di tempatnya sudah mencapai 75 persen.
“Sekarang saja permintaan sapi sudah tinggi, sekitar 75 persenan sapi di sini sudah laku,” ungkap Yudi di kandangnya kemarin (16/9).
Lain halnya dengan permintaan pada kambing, jika permintaan sapi sudah mencapai 75 persen, dikatakan Yudi, permintaan pembeli pada kambing belum terlalu signifikan. “Untuk sekarang, kalau kambing permintaannya masih sedikit. Prioritas pembeli itu biasanya sapi, kalau kambing bukan prioritas, hanya selingan saja” terangnya.
Tingginya permintaan, ditambah faktor kelangkahan hewan kurban jelang Idul Adha, sontak membuat harga jual meningkat hingga 10 persen dari biasanya. “Sekarang pun harga sudah beda dengan tahun kemaren. Kambing 1,3 - 3 jutaan, sapi 9 - 13,5 juta. Kerbau ada satu, itu harganya 14 juta. Biasanya 11 - 15 juta lah, tergantung besar kecil,” sebutnya.
Untuk tahun ini, sedikitnya Yudi menyediakan 300 ekor kambing dan 100 ekor sapi. Jumlah ini tidak meningkat dari tahun sebelumnya, meskipun permintaan pembeli cukup tinggi. “Kalau sapi, 80 persen itu asalnya dari jambi. Beda dengan kambing,  100 persen dari Lampung,  kabupaten tanggamus, lampung timur,” tuturnya.
Dijelaskan Yudi, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, baik permintaan sapi maupun kambing akan meningkat seminggu sebelum Idul Adha. “Kalau sudah seminggu jelang lebaran haji (Idul Adha), untuk kambing bisa terjual 150 ekor,” pungkas bapak dari empat anak tersebut. (rfz)

0 komentar: