Jumat, 29 April 2011

Polling Minat Siswa SMA Favorit Kota Jambi terhadap Unja


Koordinator Liputan : Jaka Rahmandana
Seberapa besar sih minat siswa-siswa di SMA favorit kota Jambi, untuk masuk ke UNJA???

Dari hasil survey di beberapa SMA favorit di Kota Jambi, seperti SMA 1, SMA 3, SMA 4, SMA 5, SMA Xaverius 1, dan SMA Titian Teras,
99 % siswa SMA favorit di Kota Jambi berminat untuk meneruskan pendidikannya ke bangku kuliah.

Dari hasil tersebut, 60,9% menyatakan bahwa UNJA termasuk kedalam prioritas top 5 Perguruan Tinggi yang ingin mereka masuki.
Mereka tertarik untuk masuk UNJA karena kampus UNJA yang besar,
Sebanyak 61,1%. Sedangkan alasan yang lain, seperti fakultas di UNJA yang bagus, lulusan berkualitas, serta dengan alasan-alasan lain, seperti karena UNJA dekat dengan rumah, jumlahnya sebesar 38,92%.
Sebanyak 37,77% menyatakan alasan tertarik masuk ke UNJA karena UNJA satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri di Jambi.
Sebanyak 26,66% ingin masuk UNJA dengan alasan karena UNJA termasuk universitas yang berkualitas. Sisanya menyatakan karena uang semester di UNJA terjangkau, dan alasan-alasan lain sebesar 35,54%.

Siswa-sisw
i ini sebagian besar memilih untuk masuk ke UNJA melalui jalur PMDK, yakni sebesar 70,08%. Sedangkan yang memilih jalur SNMPTN sebesar 22,22%. Selain itu, berdasarkan survey 64,51% mereka yakin, bahwa lebih dari 50% mereka pasti diterima masuk di UNJA.

Meskipun demikian, sebagian besar memilih belajar seperti biasa untuk mempersiapkan diri mengikuti Tes masuk UNJA. Hanya 35,57% menyatakan diri akan ikut Bimbel untuk persiapan mengikut tes ataupun Ujian masuk ke UNJA.

Selain Universitas Jambi (UNJA), Universitas lain yang diminati siswa-siswa ini seperti UI, UGM, UNPAD, UNSRI dan lain-lain sebesar 75,68%. Hal ini menunjukkan minat siswa-siswa ini untuk meneruskan pendidikan ke luar provinsi Jambi cukup besar.

77,35% dari siswa menyatakan sampai saat dilakukan survey yang dilakukan kru TROTOAR (20/12) belum ada sosialisasi yang dilakukan oleh UNJA.

0 komentar: